Kamis, 02 April 2009

“Enaknya Pacaran”

Naik angkot Caheum-Ledeng…
Sepi, cuma saya sendiri yang duduk di jok belakang
Belok ke jalan pahlawan. Naiklah sepasang muda-mudi (bahasa taun jebod gini) yang habis pulang sekolah …
Mereka duduk nyaris persis di depan saya, yang perempuan duduk pojok, yang laki2 duduk mepet-pet.. Dan mulailah adegan perzinaan itu (tentu bukan zina dalam arti umum) tapi pegangan tangan, ngobrol dengan intonasi manja-manjaan, rebutan permen loly, ganti-gantian makan tuh loly, dsb.. dsb.. Sumpah saya aslinya ga mau liat en denger tapi mau gimana lagi… adegannya ada di depan mata, gmn g denger….
Oh Allah, what should I do… panas… gerah, suasana bandung di dalam angkot itu emang panas, tapi tambah panas dg adegan “memalukan” dg saya yang seperti seorang pecundang yang ga bisa melakukan apa2 dg alasan ga enakan dan ketakutan akan reaksi yang “berlebihan” dari mereka, 2 anak kecil yang sedang “berzina” itu.
Sungguh, bukan karena saya yang umur 27 tahun belum menikah yang BT liat orang lain pacaran, tapi hati saya yang berkecamuk mengatakan bahwa ini jelas2 ini salah, maksiat, dan saya yang “sialnya” ada di sana ga bisa berkutik. Padahal saya tau ini kewajiban saya untuk ngingetin mereka, karena ga ada korban lain yang dikenai hukum itu, tapi yang bikin saya nyesel banget adalah saya rasa ga enakan dan perasaan2 “bisikan syetan” lainnya yang akhirnya ngebuat bungkam bibir saya. Sampai akhirnya saya bertekad untuk mengingatkan mereka dg bahasa yang diusahakan “sehalus” mungkin (walo saya g yakin bisa ngomong halus, apa lagi sikonnya pas gitu). Pas lg ambil ancang2 mo braksi tau2 naiklah orang lain… trus yang lain juga…. dan saya ga jadi ngomong… gatau dech itu teh ujian, sy istiqomah tetep mo ngingetin mereka atau penyelamatan dari Allah, tapi yang jelas saya ngerasa jadi pecundang dan cuma bisa bilang gini dalam hati; “Ya Allah, hamba memang selemah-lemahnya iman. Hanya bisa mengingkari dalam hati.. hanya bisa mengatakan dalam hati bahwa perbuatan mereka tidak benar.”
Oh Robbi, nyatalah bahwa iman saya memang lemah…
Lucunya sesampainya saya di kantin salman…
Ada sepasang laki-laki (berjenggot) dan perempuan (bergamis dan berkerudung rada gede) yang antri makan di deket saya… umurnya ga jauh beda dari saya, malah bau-baunya mereka lebih muda dibanding saya… Perempuan itu bertanya ke “pacar”nya, sama tempe? Laki-laki itu menjawab iya dan di timpali perempuan tadi dengan omongan, ya pasti sama tempe karena itu kesukaan kaka (kaya gitu deh pangilan saying si perempuan buat pacarnya itu)... Adegan yang berikutnya saya ga merhatiin (ato ga mau merhatiin?? He.. tapi saya yakin kalo kalian liat sendiri juga pasti bakal malu sendiri dech.. yakin!)… yang saya inget mereka ambil 1 piring dengan nasi ukuran super jumbo, menggunung, dg 2 jenis sayur dan lauk-pauknya… pastilah mereka makan sepiring berdua (tapi saya ga berani ngobservasi lebih jauh lagi, karena gaya pacaran jenis ini bisa bikin saya ”gila”…) mending jauh-jauh dech. Hahaha…
Emang pacaran jenis gini yang bikin hati kempang kempis.. kik3… pas itu terus terang perasaan saya ga puguh (g jelas) antara sirik dg tampang mupeng dan geli. Ngerasa lucu aja. Kontras bgt kalo dibandingin ma pasangan anak SMA tadi, mungkin sama-sama romantis, tapi pacaran yang ini insyaAllah dpt berkah, secara mereka dah nikah… Ngerasa lucu juga, karena yah memang rejeki orang beda-beda…
Saya harus bersyukur dengan rejeki yang udah dan akan Allah tetapin nanti.
Saat ini saya adalah seorang muslimah, mahasiswi S2, umur 27 th, masih numpang “idup” dari keluarga, dg agama yang ”masih pincang” dan “fakir” karena belum menikah… Itulah kenyataan yang harus saya syukuri…
Alhamdulillahirobbil’alamin... sealalu ada hal yang patut saya syukuri....

Tidak ada komentar: