Kamis, 02 April 2009

Belajar kona’ah

24 Maret 2009
Pengen makan nasi kuning.... hiks3...
Engga boleh! Walo yakin kalo gw ngehubungin org rmh pasti mereka bela-belain kasih ”pertolongan pertama” tapi gw bertekad ga akan minta duit ampe habis bulan ini... en itu 7hari lagi bow... masih 7 hari lagi... Gwa musti survive!!! Bisa, YAKIN BISA!!!
Tapi gw bnr2 pengen makan nasi kuning.... Nafsu!!!... Dasar nafsu.... ”Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.... ”(QS. Yusuf:53).. Ups!
Setelah berkali-kali tersenyum-senyum sendiri geli dg keadaan yang gw alamin, akhirnya gwa berhasil melawan n ngontrol nafsu or id primitifku (makan) dg melihat realitas bahwa duit cm 25 ribu buat 1 minggu lagi, ga mungkin gw makan enak nasi kuning 4rb di pagi ini... jadilah gw ngerubah menu nasi kuning yang udah gw pengenin dari bbrp hari yg lalu dg mie kuah rasa Empal Gentong. Enak kok. Enak bgt.... pa lagi kalo lapar gini. Apa-apa jadinya bener2 nikmat....
Alhamdulillah, Allah baik hati, masih menyisakan 2 mie instan n persediaan sembako yang insyaAllah akan mcukupi keperluan hidup gw selama 1 minggu ke depan... He
Zuhud... Kona’ah, harusnya ga cuma dipunya oleh orang miskin (kaya gwa saat ini)... harusnya orang kayapun ngelakuin itu... Bukankah Rosulullah SAW dan para sahabat (Abu Bakar RA, Umar RA, Usman RA) adalah orang2 kaya... tapi kekayaan mereka diberikan untuk agama Allah, bukan dinikmatin sendiri...
Belajar Zuhud n kona’ah dg saum sunnah, mungkin emang bagus, tapi tetep aja jadi ga da artinya kalo pas lg ga saumnya nafsu dipenuhin dg gila2an... justru saat lagi ga saum itu terlihat apakah saum yang dijalanin bnr ato engga.. Keliatan dari perilaku apa ditampilin diluar hari2 saumnya.. Masih boros? Masih mentingin perut dan menuhin isi ”lemari” sendiri?
Ya Allah... Selalu aja gwa lupa akan hakikat saum sesungguhnya... lalu jejak2 apakah yang tersisa dari saumku di Ramadhan tahun lalu.... MasyaAllah...
Ayo Hawa, berubahlah...

Tidak ada komentar: