Kamis, 21 Agustus 2008

Suara Gandeng di siang bolong

Cemara, 16 Agustus 2008.

Pas saya sdg ngelakuin serangkaian sholat dzuhur... “Biar kata kamu buaya, bagiku kau Luna Maya. Oh-oh, I love you babeh”… dst.. lumayan bikin sholat saya yg susah khyusu tambah engga khusyu, bolak-balik saya baca bacaan sholat, susah konsentrasi gara2 suara gandeng itu… ok sy brusaha sabar… menit demi menit lewat.. laper. Akhirnya saya pergi bl makan ke warung nasi padang deket rumah, suara gandeng itu masih ada. Biarlah toh saya mo makan ini. Paling kali aja kl dah selese makan suara berisik itu brenti, kata sy dlm hati... selese makan suara itu mengecil. Trus brenti... Asyik, bisa bikin tugas lagi nih, pikir saya dlm hati. Tapi ga lama abis itu, Oh my God. Suara buruk (sebenernya bukan lagunya yg jelek, tapi volume suara yg seGEDE GAMBRENG diikuti dg pengaturan volume bass, treb dkk yg kecil-gede-kecil gede dan jadi GEDE semua bikin lagu2 yg kl didenger dg volume cukup buat diri sendiri itu enak, jadi bnr2 kaya di club n lg ajeb2. MABOK bgt. Dah mah tu tugas rada ga ngenakin (secara, kembarannya ”kasuistik” gitu-loh :<) tambah kerasa g enak dg dikolaborasiin ma suara gandeng itu.
Saya kudu satronin tuh ”toko” tempat suara itu berasal. Rada takut jg, coz disana ada bbrp laki-laki, plus ada bpk2 bkumis lebat (bikin saya tambah takut, maap y pak..). tp saya bertekad kudu asertif, minta volumenya dikecilin. Eits, pas saya satronin tuh toko, dlm hati bilang kok suaranya kaya bukan dr sini? Krn dah kadung malu nyampe sana sy bilang aja ke penjaga counter, ”Maap A. Ini tuh suara dr mana ya?” kt si Aa ”dr bawah. Kenapa teh? Keras ya?” Saya bilang aja ”Iya.” Kt si Aa, ”Bilang aja teh ke bawah (sambil nunjuk arah si suara berasal” Saya tanya lagi, ”Suaranya dari masjid?” (sambil rada ga percaya). Kata si Aa ”iya”. Akhirnya sambil ngabrit saya pergi, lupa bilang makasih ke si Aa (dasar Compre rendah, Ha2). Kl mo ngedefense mah pas itu tuh sy teh malu bgt ke si Aa krn dah slh sangka. Trus sy ke bawah dg perasaan msh takut. Disana didapatin ternyata suara itu berasal dari teras rumah yg jaraknya Cuma bbrp (kynya ga nyampe 10 meter dr depan masjid (rumah itu adanya emng di halaman msjid). Disana ada bberapa laki-laki (muda ma bapak2). Ada 2 org yg lagi ngatur2 soundsystem. Saya deketin aja. Pas saya manggil si Aa rada ga denger, wajar aja org suara musiknya segede gambreng. Trus saya bilang dech minta suaranya dikecilin. Dan bilang kl suaranya kedengeran jelas ke depan sana. Sy g tau dg jelas gmn reaksi n mimik muka mereka. Habis bilang maap saya langsung cabut n nyebrang jalan dengan blari (ciri2 org infantil?). Alhamdulillah suara itu ilang juga. Yg aneh, kata ibu ”E” pas saya beli cemilan di warungnya bilang kl malam ini mlm nisfu sa’ban. Kl sy g salah denger, tar malam di masjid itu mo ada bacaan kitab berjanji trus ada sholat tasbih bsama. Trus soundsystem itu apa disiapin untuk itu? Tapi knp lagu yg dipake tuh lagu rock? Trus yg aneh lagi suara musik itu disetel ga lama habis adzan dzuhur dikumandangin. Yah g lama habis sholat dzuhur bjamaah di masjid itu. Brarti blm selese para ikhwan bdzikir hbs sholat tuh musik dan disetel? MasyaAllah. Tnyata compre mreka kynya lbih buruk disbanding saya, HE3…
Yah hikmah kjadian ini JGN SUKA SUUDZON ma org. kasian kan si aa pjaga counter dpn. He, map ya A! yg kedua kita emng kudu asertif jd org, drpada diempet2 n dongkol dlm hati trus g nyelesein masalh mending bilang n hadapin tuh masalah.
Akh, memang penting ya bljr bgmn ngeregulate emosi dan bljr keterampilan sosial. Sapa bilang adaptasi itu gampang? Buktinya banyak org yg ga empati n ga peka ma lingkungan. Tmasuk saya, He. Maapin ya....

^______^Hari2 mnegangkan. ”tjepit” diantara tgs evaluasi unhas, evpro, adult learning, partisipasi, dan intake kasus kesulitan bljr. Rob, mudahkanlah urusan hamba...

Tidak ada komentar: