Kamis, 14 Agustus 2008

KHUSYU

”Khusyu”
Ustd. Aam Amirudin (Oz Fm 18 Juni 2008)

Q.S. Al-Baqarah: 45, ”Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',”
Knpo sholat bisa menjadi penolong kita???? Karena dalam sholat penuh dengan doa-doa, bacaan gerakan dari mulai takbirotul ihrom sampai salam merupakan do’a. (dengan do’a2 tersebut kita mengharapkan pertolongan dari Allah SWT. Tapi bagaimana kita mau ditolaong oleh allah kalo kita sholatnya ga khusyu??? -Red).

Pengertian khusus (khusyu dalam sholat)
tuh syaratnya adalah...
1. rindu Allah, Sholat yang dilakukan dg penuh kerinduan pada Allahà sholat dilakukan karena kebutuhan. Cth: kalo gsholat kayanya ada yg hilang dari hidupnya
2. paham arti (Pemahaman makna setiap bacaan pada tiap gerakan) cth: baca takbir ”Allahu Akbar” = Allah Maha Besar, sedangkan kita hambanya yg kecilà nnatinya bisa mhilangkan sifat sombong.
3. tu’maninah (ada jeda antar gerakan dan gerakannya sesuai dg gerakan sholatnya Rosulullah SAW)

Pengertian Umum
à sebuah cara pandang hidup dimana kita yakin (sebuah ideologi) bahwa kita akan pulang dan bertemu Allah. ”Yaitu orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya” (Q.S. Al-Baqarah: 46)
Keyakinan yg menjadi frame berpikir dan berperilaku
Dia yakin akan ketemu Tuhan, maka dia akan berbekal. Dia sadar bahwa hidup tuh fana, dan sete;ah meninggal dia akan bertemu Allah.
Orang khusyu dalam pengertian numum ini akan menikmati di dunia tapi ga lupain kenikmatan akherat, misalnya: dia seorang bisnisman, yang berhasil tapi ga lupa berzakat, bersedekah, sholat, puasa, dll. Karyawan yang bekerja sungguh2 tapi dibingkai dengan keyakinan bahwa ini bagian dari cara saya untuk bekal di akhirat. Seorang Ibu rumah tangga, dia akan berusaha sekuat tenaga menjadi ibu yang bisa menjadi contoh yg baik bagi anak2nya dan menjadi kebanggaan suami. Sebagai teladan bagi anak dan disenangi suami dengan keyakinan bahwa ini merupakan bekal untuk pulang ke akhirat kelak. Mahasiswa belajar bagaimana mejadi sukses tapi dibingkai dengan ideologi /keyakinan bahwa ini bekal saya untuk pulang ke Alllah ntar.

Secara dunia, Orang yang khusyu ini adalah orang yang selalu ingin sukses dalam bidang2 yang digelutinya karena dia yakin perjuangan di dunia ini adalah bekal untuk pulang menuju Allah.
Ini adalah sukses yang unlimited yang sebenarnya.
Walo pun misalnya hasil perjuanagnnya tidak menghasilkan prestasi yang gemilang, misalnya seorang pelajar yang belajar dengan sungguh2 tapi hasilnya tidak baik (misal dapat nilai C), tapi kalo bersungguh2 dan yakin perjuangannya ini bekal akherat, kalo di dunia ga sukses tapi di ukhrawi dah dapat nilai (inilah sukses yang tanpa batas) à orang yang berpikir makro, bahwa perjuangan/ yang dilakukannya di dunia ini adalah bekal untuk kehidupan akheratnya.

Catt: baca buku ”Sudah benarkah sholatku???”nya pak Aam
Suatu permasalahan lain, gimana mau khusyu kalo wudlunya aja asal??? à intinya mah kita harus beres n bener mulai dari wudlunya mpe sholatnya. Wallahu a’lam. SEMANGAT!!!

Tidak ada komentar: