Selasa, 26 Agustus 2008

ilmu agama yg ngendap

bbrp bulan yg lalu tmn sy ada yg nanya gini:
apa arti islam mnurut kamu? ptnyaan yg masih susah buat di jawab. sbnrnya dah punya jwban tapi kyanya bukan itu yg Allah mauin...
eh, taunya td pas saya ikutan "tes" ditanya ptanyaan yg sejenis itu yg mungkin buat org yg umurnya nyaris melewati seperempat abad (nyaris?) jd g tll penting, pdhl itulah tujuan idup kita (ya kan?)
pnyataan yg lain, "ada brp jenis tauhid? jelaskan! sebutkan macam2 puasa sunah! apa arti ihsan? apa arti akhlak?apa itu tajwid? apa hukumnya mempelajari hal itu? sebutkan huruf ikhfa (yg ini pasti panitianya bakalan ngetok kepala saya, coz jwban sy tuh "selain huruf yg idhar..." (hahahah... BT BT deh panitianya. tp kok bs ya keusilan saya kluar pas di sikon g tepat itu? oh kasiannya aku). trus br tersadarkan kl definisi thararoh yg saya jwb teh bukan inti dr yg dimauin oleh tuh soal. dan br keingetan kl jwbnnya da yg kurang tuh bbrp menit habis selese tuh tes.... ah, nasib..." . jd kerasa bgt kl selama ini teh agama cuma ada di otak ato mlh adanya di luar kepala (bnr2 di luar kepala=g da nyangkut2nya di otak).
haduh..... umurku yang hampir 26 th teh jd diisi oleh apa???
semoga Allah berkenan mengamanahkan sisa umur pjg yg penuh keberkahan ke kita semua. Amiin ya Rob...
buat kang Yos, Uus ma, Dody, He afwan yah dah ngebuat mata kalian kesakitan baca tlsan sandi rumput saya. syukron juga buat "ketabahannya" hahaha...

4 komentar:

Mas Hery mengatakan...

eh teh,padahal ada baiknya loh kalo pertanyaan2 tadi juga disebutkan jawabannya,biar banyak juga yang bisa dipelajari di blog ini.

yah lagian blog ini kan boleh saja mengemukakan opini pribadi,dan yang baca juga bisa belajar dari pendapat yang ditulis disini.

sekedar usul aja :)

blog sayah mengatakan...

haduh.... ei, buat mas Edittag (km teh sbnrnya siapa? makhluk dr manakah saudara?)
he tp tengkyu yah dah mo ngomenin...
tar noh, kl saya dah baca bukunya (tptau kpn) tar sy tulis jwbn yg bnrnya masa ksh ilmu yg menyesatkan? nambahin dosa donk (tp itu jg ga janji ya?) gmn kl kalian baca sendiri jwbnnya di kitab2 fiqih yg "tertaburan" di toko2 buku... HEHEHE....

Mas Hery mengatakan...

walah kasih anjuran yang merepotkan nih, kalo dah di toko buku biasanya ngendon di bagian komputer,jarang ke masalah agama.

jadi skalian sih tadinya mau belajar dr baca2 disini,tapi kalo cuman pertanyaan sih jadi bingung hehhee, mesti cari jawaban dimana dong?

blog sayah mengatakan...

cr jwbannya dimana? di mamah & aa aja gmn? HE... (tau kan program kajian agama islam di slh 1 TV swasta kita
itu?)^______^