Rabu, 27 Agustus 2008

Guru Agama yg bs ditemuin dmnpun, tmsk di rmh yg qta diami

CEMARA, 28 Agustus 2008
GURU AGAMA yg bisa ditemui di manapun, tmasuk rumah yg kita diami…

Ada bbrp hal yang mungkin tdnya mnrt kita ga penting malah jadi bmanfaat. Justru bs mberi kontribusi bertambahnya ilmu kita
Adalah pak Sof, sebut aja namanya demikian
Bliau rekan kerja sodara saya
Pagi itu saya kluar kamar ke dapur untuk mnyeduh teh, dan ke ruang tengah untuk menyapa beliau dan 1 rekan kerjanya yg saat itu sedang bermalam di rumah t4 saya tinggal.
Dan terciptalah obrolan kami.
Kmrn pagi obrolan singkat kami mengenai kuliah saya, dan fenomena org2 yang mereka temui t4 kerja mereka, yang tentu aja dibahas mnrt sisi ilmu yg sedang saya pelajari. Saat itu sy yg berlakon sbg nara sumber gadungan yg ditanyai macem2. saya jawab aja sekenanya (agak rikuh jg menanggapi pertanyaan2 yg nyangkut psikologi. Rikuh krn ilmu saya emng sgt terbatas)
Obrolan di akhiri dg “pesanan” bliau kalau sy lulus dan udah praktek, bliau minta kartu nama saya barangkali ada yang mebutuhkan jasa psikolog.
Ha, dan saya pun nyengir.
Pagi ini topik pembicaraan kami di mulai dari pertanyaan2 saya ttg pekerjaan mereka berdua. Trus pindah ke pengalaman pekerjaan beliau sblmnya yang berhubungan atau memang bs dibilang bliau kerja di salah 1 dinas pemerintahan.
Well, ternyata muka malu di dinas t4 bliau sempat kerjapun sama ratanya dengan di lembaga2 pemerintahan yg lainnya. Ga usah di bahas lbh jauh krn itu akan mbuat semangat kesucian memasuki bulan ramadhan akan terkotori dg sumpah serapah thd para oknum penanam, pemanen dan pengkonsumsi “dosa berjamaah”. HE. TRAGIS memang wajah Indonesiaku ini. Hiks T__T
Back to the topic
Dr sanalah di mulainya pembahasan agama itu di mulai...
Bahas “dosa berjamaah” para aparat pemerintahan..
Sampai akhirnya bliau tanya dimana t4 saya biasa ngaji.
Trus entah bgmn mulainya terkoreknya “siapa” bliau dan nilai apa yg dianutnya...
Dari cerita yg bliau ucapkan aga tliat fungsi nilai apa yg dimilikinya. (aga tuh krn diagnostik sy yg masih ancur2an)
Diskusi tadi mbahas bgmn fenomena ktakutan org islam untuk blajar tauhid dg alasan takut “gila”. Memang ada dalilnya, tapi saya lupa bgmn redaksinya. Tp kesalahan fatal yg sering tjd di masyarakat kita memang dalil di makan “mentah2”. g di bahas esensinya, apa sih yg ingin di tunjukkan Allah or Rasul pada dalil2 tersebut.
Guru baru saya itu berkata bhw bliau sering berdebat ttg masalah ketauhidan dg seorang “alim” masalah agama.
Mnurut bliau ketika qt bljr ktauhidan seharusnya menggabungkan antara AlQur’an, AsSunah (hadist), akal dan (1 lagi afwan saya lupa) yang terlihat pada kenyataan yg terjadi sehari2...
Pemikiran mereka (bliau dan org yg sepaham denganya) dianggap bertolak belakang dg pemahaman sang “alim” dan jamaahnya. Mungkin mrk di anggap ekstrim, sekuler atau yah semacam itulah...
Sang ‘alim dan jamaahnya berpendapat bhw Tauhid ga bs dibahas lewat akal.
Tp mnurut bliau, kl emng bnr begitu, jd apa gunanya kita di beri anugrah akal yang tidak diberikan pada binatang? à pberian akal justru supaya kita bs blajar mengenal Allah (bukan melihat Allah à krn pe jereng jg kita ga akan pernah liat Allah di dunia ini) dr apapun dan dr fenomena yang ada.
Kl saya cermati antara pemahaman bliau dg sang ‘alim itu tidak btolak belakang sama sekali, justru pemahaman bliau mrpk aplikasi yang baik, yang seharusnya di lakukan oleh kita sbg org muslim...
Ttg dalil kita bs mengenal Allah lewat mengenal diri kita sendiri, itu yang dipakai untuk membahas bgmn mungkin org bs mjd gila dg mempelajari ilmu ketauhidan? Sedangkan sifat Allah saja Maha Rahman dan Maha Rahim (jd ga mgkn Allah mdzolimi hambaNya, dengan membuatnya gila ketika bljr ilmu tauhid!?! -red) bliau jg bkata kalau ilmu itu memang bs bikin gila, brarti itu bkn ilmu dr Allah.
“Bliau bertanya ke saya, sebutkan bagian badan kamu yang sepenuhnya milik kamu, yg bs kamu atur sekehendak kamu?”
Sebentar sy bpikir (aslinya males mikir, He) saya pikir emngnya ga da yg punya saya. Semuanya kalo mo Allah cabut fungsinya maka saya ga akan punya daya untuk memfungsikannya kembali, tmsk akal.
Bliau bilang ttg syirik, betapa mudahnya mengajari anak kecil ttg apa itu syirik (menyekutukan Allah). Tinggal bilang syirik tuh nyembah patung, ( juga bakar kemenyan dll-red) udah, beres.
Tp buat org dewasa... bliau tanya; apa sering saya syirik? Sy bilang ”iya”, coz yang saya tangkap arti Syirik tuh hal2 yang bikin kita menduakan Allah (Allah jd nomor 2). Apapun itu. saya sadar kl saya sering msh cinta dunia, sperti apa2 yg di miliki, contohnya jam tangan, lawan jenis (walo itu tarnya udah jd pendamping hidup), sifat pgn serius ibadah lebih sering muncul kl ada orang. Pokoknya hal-hal yg bikin Allah bukan 1-1nya tujuan kita. Trus sy bilang syirik terhalus adalah riya (spt yg sering sy denger dr cerita guru ngaji saya n radio islami yg kadang saya setel). Riya, senang kl ada org yg muji (walo pun niat awalnya g harus pgn di puji. Tp kl di puji kita senang, itungannya dah riya jg. Bnr ga?).
Nah tnyata jawaban yg bliau mksdkan BUKAN ITU. SYIRIK HALUS YANG KITA PERLU BERHATI2 THDnya ADALAH YG SERING TJD Di KEHIDUPAN KEHARIAN KITA. Apa contohnya? AIR!!! Air bening di gelas pun BS MNIMBULKAN KESYIRIKAN YG HALUS... ketika kita selesai minum air itu muncul perasaan nikmatnya atau segar sekali air ini. Habis minum air ini tenggorokan saya jadi enak, badan jd segar. ITULAH KESYIRIKAN KITA. SEHARUSNYA KETIKA KITA MINUM DAN MERASAKAN KENIKMATAN AIR YANG KIT TEGUK SAAT ITULAH MUNCUL KETAUHIDAN KITA KE ALLAH. Harusnya sehabis minum kita berkata dan merasakan ”SUBHANALLAH. ALLAH TELAH MENCIPTAKAN AIR YANG RASA dan MANFAATNYA SENIKMAT INI...”
Itulah tauhid yg sesungguhnya... mengupas agama dg meberanikan diri masuk ke kupasan terdalamnya, ketika kita bs masuk dan menyelaminya KITA AKAN MERASAKAN KENIKMATANNYA. KENIKMATAN MENGENAL ALLAH...
Subhanallah ya? Sy mah mana kepikir yg begituan? Astaghfirullaahaladzim...
Mau tau DARI MANA BLIAU BLJR HAL INI? Bukan dr pimpinan pondok pesantren, bukan guru ngaji, bukan da’i, tapi dia adalah 1 dr hamba Allah yg bjuang lewat penegakan kemanan. Wah, Subhanallah (lagi)...
1 inti pesan yg bliau sampaikan yg saya tangkap;
KETIKA KITA INGIN BLAJAR PUN BLJR AGAMA, KITA JGN MEMBATASI DIRI HANYA BLJR DR ORG2 TERTENTU...
ILMU ITU BISA DI DAPAT DI SEKITAR KITA, DR SEORANG PENGAJAR, POLISI, HANSIP, PEDAGANG, TUKANG BECAK, PEMBANTU, BAHKAN DR PEMULUNG JUGA KITA BS MEMNDAPATKAN ILMU...
KITA BS BLAJAR DARI APA YG SEBENARNYA INGIN ALLAH TUNJUKKIN KE KITA LEWAT KEJADIAN YANG KITA ALAMI SEHARI2...
TAPI SAYANGNYA JARANG KITA MENYADARI HAL INI
AYO, HAWA BUKA MATA, TELINGA, PENDENGARAN, DAN HATIMU!!!!
TEMUKAN DAN RASAKANLAH APA YG INGIN ALLAH AJARIN KE KAMU!!!
ALLAH EMNG DEKAT DG KITA, BAHKAN MEMANG LEBIH DEKAT DARI URAT NADI KITA...
DI MANA ALLAH? DISINI!!! DIMANA KITA ADA, DIA SELALU MENYAPA KITA!!! TAPI SADARKAN KITA KL SEDANG DISAPA ALLAH???

Alhamdulillah Ya Rob.....
Kau pertemukan aku dg 1 lagi guru baru br di hidupku, seorang ”guru agama” yg berlatar belakang IT, karyawan perusahaan swasta, tanpa koko dan peci yg menempel di kepala. Tp insyaAllah dg keimanan yang menghujam di qolbunya.
PECINTA DAN PENGENAL ALLAH MEMANG GAK BISA DINILAI DG KASAT MATA. SESUNGGUHNYA DIA ADA DIMANA2. NAMUN, BISKAH KITA JELI MELIHAT DAN MENDAPATKANNYA DIANTARA PULUHAN ORG YANG KITA TEMUI DI SETIAP HARI KITA???

3 komentar:

Mas Hery mengatakan...

luar biasa....ilmunya rendah hati banget ya....deket dengan keseharian...
duh kayaknya aku juga sering syirik nih....
makasih untuk postingnya...salam untuk "pak gurunya".

blog sayah mengatakan...

eh, dia OL...
guru baru saya itu dah balik lg ke Jkt
so g tau kpn lg ktmnya
kynya mah pas bliau ke sini lg (kl ada urusan kerjaan)

bgitulah...
selamat mcari "guru" baru ya....
sy rasa yg bs jd guru g cuma manusia..
tumbuh2an, benda2, binatang yg bikin kita inget Allah n bs bikin kita nemuin hikmah (misal dr penciptaannya) juga bs dijadiin guru...
so Yuk kita melek-in mata kita lebar2, tmsk mata hati kita (cie... sok puitis gini saya. Hoek. :P)
ups, astaghfirullah

Mas Hery mengatakan...

eh dia ol? dia itu gurunya?
wah emang jago IT makanya dia Ol ya....mau dong ID ymnya biar bisa ceting langsung.