Jumat, 05 Juni 2009

Manaje uang? Ga kudu ikutan training ginian KALE?! ^^

Kalo dipikir-pikir (hasil kmrn ikut kajian muslimah DT) plus berbagai bahan lainnya, ternyata sbg calon ummahat (kl bisa nikah) qita para akhwat (buat ikhwan juga bisa kok) ga perlu mikir kudu ikutan training kalo mo pinter memanaje uang.
Ada resep simple dari Islam, apa coba???
Siap-siap ya?!
1.tundukkan pandangan. Ternyata tundukan pandangan tu bukan cuma ke yang cakep2 dari golongan manusia aja, yang cakep2 dari golongan benda2 matipun kudu dihindari dari pandangan kita. Misalnya; kudung, tas, sendal, pernak-pernik yang menurut kita ga kan beresiko membocorkan kantong uang kita karena harganya yang murah. Kemaren Umi yang jd penceramahnya nyontohinnya dengan bros, mungkin cuma 4rebu, tapi kata umi kalo belinya sepuluh? Jadinya 40 rebu! Trus ya kalo kita juga beli sendal cantik yang super murah, misal 10rebu ditambah sepatu karet manis yang lagi musim (termasuk saya yang ‘tpaksa’ jd slh satu korbannya karena ujan bhasil mbuat sepatu kulit kesayanganku jebol) yang cuma 30rebu. Trus lain kali kita nemu kudung yang matching bgt ma baju biru kesanyangan kita, kita tertarik jadi beli. Nambah tuh 25rebu. Baliknya beli cuanki n basreng (baso goreng) (makanan paporit guweh) 6 rebu. Eh ditotal pengeluaran kita satu bulan (ato bahkan semua itu di beli dalam 1 hari) jadi 111rebu!!! Heh??!! Dahsyat bgt ya??? Ga kerasa. Gitu tuh kalo kita ga nundukin pandangan dari si cakep pencuci mata skaligus penjebol dompet....
2.konaah, merasa cukup dengan apa-apa yang kita punya
3.zuhud (si kembarannya konaah), ga cinta dunia n kerlap-kerlipnya
4.inget mati. Kalo inget mati kita jadi inget kalo semua barang yang kita punya teh ga bakal di bawa mati, malah semakin banyak barang yang dimilikin bikin hisaban kita jadi banyak. Belum kalo ternyata barang2 yang kita punya teh jarang kita pake, katanya hukumnya bisa jadi mubah ato haram, kitu?? Waduh, baju2ku kumaha tuh? Trutama baju kondangan yang emnag ga mungkin pisan dipake setiap hari, pa lagi yang gamis (langsungan). Hadoh...
5.trakhir, saum! Saum yang ”bener” kudunya emang bisa bikin kita nundukin nafsu kita, ya nafsu perut (nafsu primitif tp sok hese ditahan-tah!), nafsu mata, pendengaran, nafsu amarah, nafsu syahwat dll... trus saum juga emang bikin kita jadi irit, hehe... Palagi kalo uang sisanya dipake buat sodakoh, top bgt dah tuh!!!

Hadoh... ini mah isinya bener2 nyepet2 (nyentil) saya semua gini... 1 pe 5 blom ada yang saya lakonin... Ayo brusaha, Wa!!! Tolong ingetin saya ya sahabat... Moga2 bmanfaat ya... Makasih!

Cemara, senin 4 mei 09/ 7 Jumadil Ula 1430H

Tidak ada komentar: