Sabtu, 18 Oktober 2008

labeling

labeling...
mungkin itu dah aneh di denger...
labeling tuh pemberian label pada seseorang
mungkin kita g aneh dg situasi spt ini; pas kumpul2 ibu2 muda entah itu arisan atau apapun yg lg pada ngerumpi trus datang seorang ibu2 tergopoh-gopoh dg anak kecil di sampingnya. trus ibu2 itu bilang, "maap ya jeng aku telat dateng, biasa nih ngurus anak2 dulu. ini nih si icih (misal) rewel, dah gitu susah bgt diajak cepet. dia selalu lama kalo ngerjain sesuatu," sambil ngelirik ke anaknya.
apa pendapat kalian dengan kejadian di atas?
aneh atau biasa aja?
mgkn biasa aja, tapi cb kita bayangin apa perasaan si anak kalo dia terus2an mdpt pkataan demikian dr ibunya. cb kita cermatin kt2 ibu itu sekali lagi ; "ini nih si icih, rewel, dah gitu susah bgt diajak cepet. dia selalu lama kalo ngerjain sesuatu," --> icih = anak yg sll lama kl ngerjain sst, icih = lelet. apa artinya???
omongan ibu itu kalau sll diutarakan (plabelan) di depan si anak (icih) akan terekam dalam memori si anak. dan hal ini akan terus diingat seumur hidupnya, ketebak akhirnya kl icih akan merasa bhw dia adalah anak lelet. ini akan berdampak pd konsep diri bhw dia memang org yg lelet. kl dah begitu, apapun yg dilakukannya akan dilakukan dg tempo kerja yg sangat lamabt, sesuai dg konsep diri yg salah tersebut. See? BETAPA BURUKnya akibat yg ditimbulkan oleh orang tua (atau siapapun) yg MEMBERIKAN LABEL BURUK PADA ANAKnya. SEUMUR HIDUP ANAK AKAN MJD APA YG DILABELKAN ORG TUA PADA DIRINYA!!!!
buruknya lagi, pelabelan buruk yg selalu diberikan orgtua didepan org lain akan membuat si anak mjd org yg tidak PD dan rendah diri, krn sll direndahkan oleh oratuanya di depan org lain...
fiuh, semoga kita tdk termasuk ke dlm kategori orgtua "perusak" masa depan dan kepribadian anak.
wallahu alam...

Tidak ada komentar: